Pesona Wisata Air Terjun Tersembunyi di Sumatera Barat

Pesona Wisata Air Terjun Tersembunyi di Sumatera Barat

Air Terjun Belek

air terjun belek
(Images by Ritno Kurniawan via lubuk-aluang.blogspot.co.id)

Air terjun yang satu ini terbilang masih sangat asri dan alami. Untuk bisa mencapai tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 hingga 3 jam melewati pepohonan lebat yang ada di hutan Gamaran. Lokasi air terjun ini memang terletak di tengah hutan Gamaran di Lubuk Alung, kabupaten Padang Pariaman. Buat kamu yang menyukai wisata alam dengan medan yang menantang, maka air terjun dengan ketinggian 15 meter ini adalah tujuan yang tepat.

Air Terjun Timbulun

air terjun timbulun
(images by tourdesumbar.wordpress.com)

Tempat wisata berikutnya yang juga menyimpan pesona air terjun berada di sebelah timur kota Painan, kabupaten Pesisir Selatan. Di tempat ini terdapat sebuah air terjun yang dinamakan air terjun Timbulun. Pesona wisata yang satu ini memang masih sangat tersembunyi karena lokasinya yang cukup jauh dengan medan yang sangat menantang. Air terjun ini memiliki 7 tingkatan dimana akses menuju tingkatan yang lebih tinggi tergolong jauh lebih sulit sehingga kebanyakan orang memilih untuk berhenti pada tingkatan ke dua.

Air Terjun Babang

air terjun babang
(images by Ritno Kurniawan via lubuk-aluang.blogspot.co.id)

Air terjun Babang berada di Koto Buruak, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Air terjun yang satu ini memiliki potensi yang cukup besar untuk dijadikan lokasi wisata namun sayangnya akses jalan yang masih kurang baik membuatnya sulit untuk dijangkau. Bagaimana tidak, para pengunjung harus berjalan kurang lebih satu jam sambil menyusuri sungai untuk bisa sampai ke tempat ini.

Namun, kelelahan selama menempuh perjalanan akan terbayar lunas setelah tiba di tujuan. Air terjun Babang dengan air yang jernih serta keindahan pepohonan di sekitarnya akan membuat setiap pengunjung merasa santai dan rileks. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dimana tingkatan paling bawah memiliki lubuk yang tidak terlalu dalam sehingga cocok untuk mandi dan berendam baik untuk orang dewasa dan anak-anak. Sementara di tingkatan kedua dengan ketinggian 20 meter terdapat pula lubuk lain yang tergolong lebih dalam. Untuk bisa mencapai tingkatan paling atas, medan yang harus ditempuh sangatlah sulit sehingga hanya sedikit sekali orang yang pernah tiba diatas.

Air Terjun Nyarai

air terjun nyarai
(images by Ritno Kurniawan via lubuk-aluang.blogspot.co.id)

Berlokasi di hutan Gamaran yang juga merupakan daerah tempat air terjun Belek berada, anda bisa menemukan air terjun Nyarai. Air terjun yang satu ini memang tidak terlalu tinggi, namun memiliki lubuk yang lebih luas dengan air yang lebih sejuk dan udara yang lebih dingin. Keasrian dan suasana alam masih sangat kental di air terjun ini karena jumlah pengunjung yang datang juga tergolong masih sangat sedikit. Ciri khas dari air terjun ini adalah airnya yang berwarna kehijauan, dimana air yang jatuh diapit oleh dua tebing batu yang berukuran cukup besar.

Tempat wisata air terjun di atas masih belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Medan yang berat membuatnya agak sulit untuk dijangkau namun hal ini merupakan sebuah tantangan tersendiri yang wajib untuk kamu taklukkan untuk bisa menikmati keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *